Wakil Bupati Purworejo Buka Jambore Penggalang SD/MI

Era kemajuan teknologi informasi telah memberikan akses yang luas kepada generasi muda untuk mengakses informasi dengan begitu cepat. Namun, dalam kecepatan arus informasi tersebut, terdapat risiko besar akan kehilangan arah. Di tengah tantangan ini, Pramuka Indonesia sebagai pandu dan calon pemimpin bangsa perlu memiliki pegangan yang kokoh.

Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, menegaskan hal ini dalam Jambore Tingkat Penggalang SD/MI 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Yonif 412 pada hari Sabtu (01/07/2023). Turut hadir pula Drs Pram Prasetyo Ahmad MM, selaku Ketua Kwartir Cabang Purworejo, Mabicab Purworejo, Danyonif Mekanis Raider 412/BES, Camat Purworejo, dan para Ka Kwaran se-Kabupaten Purworejo.

Dalam pidatonya, Wakil Bupati menyatakan bahwa kegiatan pramuka pada dasarnya merupakan bentuk kegiatan sukarela. Namun, mengingat pentingnya peran generasi muda sebagai pewaris dan penerus bangsa Indonesia, tak ada salahnya jika kegiatan ini juga diartikan sebagai suatu kewajiban bagi kita semua.

Wakil Bupati juga mengingatkan dan memberikan harapan kepada semua remaja agar tidak terjebak oleh hal-hal yang terlihat menyenangkan, karena seringkali hal tersebut dapat menyesatkan.

"Kita semua menyadari, persiapan menjadi seorang pemimpin di masa depan bukanlah perkara yang mudah. Persyaratan mental dan fisik yang diperlukan tidaklah ringan, dan godaan yang menghadang sangat kuat serta beragam," ujarnya dengan tegas.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Purworejo, Drs Pram Prasetyo Ahmad MM, mengungkapkan bahwa kegiatan jambore penggalang tingkat SD/MI kali ini diikuti oleh 22 kelompok peserta, terdiri dari 11 kelompok putra dan 11 kelompok putri.

"Jumlah peserta terdiri dari 11 putra dan 11 putri yang mewakili kwaran-kwaran di bawah naungan Kwarcab Purworejo. Ada lima kwaran yang tidak mengirim peserta, yaitu Banyuurip, Bayan, Butuh, Grabag, dan Gebang," jelasnya.

Dalam menghadapi tantangan zaman yang penuh gejolak dan dinamika, Pramuka Indonesia berperan penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan generasi muda. Semoga kegiatan Jambore Tingkat Penggalang ini dapat menjadi langkah awal dalam membentuk jiwa kepemimpinan yang kuat dan bertanggung jawab pada masa depan bangsa dan negara.

Posting Komentar

0 Komentar