Berlangsung 2 Hari, Gebang Expo 2023 Promosikan Produk UMKM

Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, menghadiri acara Gebang Expo 2023 yang digelar di lapangan depan kantor Kecamatan Gebang pada Sabtu (08/07/2023). Acara tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Direktur Pelaksana BOB yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara, Putut Bayu Santiko, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DinKUKMP), Gatot Suprapto SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APMD), Laksana Sakti AP MSi, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Pekerjaan Umum, dan Transmigrasi (Dinsosdaldukkb), Ahmad Jaenudin SIP, Ketua Forum UMKM Kabupaten Purworejo, Dr. Hesti Respatiningsih SE MPar, serta Forkopimcam Gebang.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati berharap bahwa Gebang Expo 3023 dapat memberikan dukungan dalam pemulihan sektor bisnis, membangkitkan sektor riil, dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Wakil Bupati juga berharap bahwa acara ini dapat menjadi wadah bagi para pengusaha muda di Kecamatan Gebang untuk mengaktualisasikan kemampuan mereka dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.


"Dalam tema Gebang Expo 2023, yaitu BLANGKON EMAS BANG JOSH, yang merupakan singkatan dari Bangkitkan Langkah Kompetitif dan Inovatif Ekonomi Masyarakat Gebang yang Jujur, Orisinil, dan Semangat Humanis," ujar Wakil Bupati.


Wakil Bupati menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Purworejo telah meluncurkan aplikasi Larisi Purworejo beberapa waktu yang lalu. Aplikasi ini merupakan marketplace yang dapat digunakan oleh masyarakat Purworejo untuk bertransaksi secara online. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat memfasilitasi transaksi online UMKM lokal Purworejo.


"UMKM harus terus diberdayakan karena selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, UMKM juga terbukti mampu bertahan dalam berbagai krisis ekonomi," tegasnya.


Hal yang tak terduga, Bupati Purworejo, RH Agus Bastian SE MM, tiba-tiba hadir untuk mengunjungi secara khusus Gebang Expo 2023, meskipun sebelumnya diinformasikan bahwa beliau sedang dalam dinas luar. Bupati tiba di lokasi sebelum pertunjukan kesenian kuda kepang dimulai dan langsung mengunjungi semua stan UMKM yang disediakan oleh panitia Gebang Expo. Bupati Agus Bastian bahkan memborong produk UMKM di stan pertama.


Setelah mengunjungi semua stan, Bupati mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan Gebang Expo 2023. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat mendorong pertumbuhan pengusaha-pengusaha UMKM, sehingga usaha di Kecamatan Gebang dapat tumbuh dan berkembang.


"Produk-produk perlu didukung, dan kegiatan ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat, sehingga sebaiknya dilakukan secara rutin setahun sekali," harap Bupati.


Sementara itu, Camat Gebang, Vivin Suryandari Feriyana SSTP MM, menjelaskan bahwa semangat untuk mewujudkan visi misi Bupati Purworejo dan menyambut proyek strategis nasional Bendungan Bener menjadi awal tercetusnya aksi perubahan "Blangkon Emas Youth Entrepreneur" di Kecamatan Gebang.


"Kami bersama para pengusaha muda berupaya menciptakan usaha yang kompetitif, berani bersaing dengan luar negeri, dan inovatif. Dengan menciptakan kreasi baru dan diversifikasi produk secara berkala, Gebang Expo 2023 menjadi tonggak pergerakan ekonomi masyarakat sebagai simbol semangat," tandasnya.


Acara Gebang Expo dimulai pukul 09:17 WIB dengan tarian dolalak dari siswa SD N Seren. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo. Selanjutnya, dilakukan penyerahan langsung Surat Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, kepada 10 penerima. Kemudian, Gebang Expo 2023 dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, didampingi oleh pejabat terkait. Gebang Expo akan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 8-9 Juli 2023.

Posting Komentar

0 Komentar