TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dibuka di Desa Puspo Bruno

Bupati Purworejo, RH Agus Bastian, SE, MM, telah resmi membuka tahap kedua Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahun 2023 di Desa Puspo, Kecamatan Bruno. Upacara pembukaan digelar di Lapangan SDN Puspo Wetan dan dihadiri oleh Dandim 0708 Purworejo, jajaran Forkopimda, dan pihak terkait lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Agus Bastian mengungkapkan penghargaan yang tinggi kepada TNI sebagai inisiator dan penggerak utama di balik pelaksanaan TMMD. Ia mengakui bahwa kerja keras dan dedikasi TNI dalam membangun kemanunggalan dengan rakyat sungguh luar biasa, dan TMMD adalah bukti nyata semangat tersebut.


Bupati menekankan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap II ini merupakan kelanjutan dari upaya bersama untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan di desa-desa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur, kualitas hidup, dan pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut.


Selain melibatkan TNI, program ini juga melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari pemerintah daerah, desa, tokoh masyarakat, pemuda, hingga ibu-ibu dan anak-anak.


"Kami mengajak semua pihak untuk aktif terlibat dalam kegiatan ini, bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai hasil yang optimal. Mari kita berkomitmen untuk bekerja keras, saling mendukung, dan bersatu padu demi kemajuan yang berkelanjutan bagi desa-desa kita," ungkapnya.


Bupati berharap bahwa hasil kegiatan TMMD ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Kabupaten Purworejo, terutama masyarakat Desa Puspo, Kecamatan Bruno, dan sekitarnya.


"Marilah kita mulai TMMD Sengkuyung Tahap II ini dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat untuk membangun desa yang lebih baik. Semoga kegiatan ini sukses, memberikan manfaat yang nyata, dan mempererat ikatan batin antara TNI dengan masyarakat," tambahnya.


TMMD akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli hingga 10 Agustus 2023. Jumlah peserta mencapai 98 orang yang terdiri dari TNI/Polri, dinas terkait, dan masyarakat. Anggaran yang telah disiapkan mencapai Rp. 195 juta dari APBD Provinsi dan Rp. 150 juta dari APBD Kabupaten.


Sasaran fisik dalam program ini meliputi pembangunan cor blok sepanjang 950 meter dengan lebar 2,5 meter dan tebal 12 cm. Selain itu, juga akan dibangun fasilitas umum melalui dana bantuan dari Baznas dan pos kamling yang merupakan bantuan dari BPD Jateng. Terdapat pula sasaran non fisik dan pemberian bantuan sosial dalam TMMD ini.

Posting Komentar

0 Komentar