Purworejo Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Pawai Taaruf


Merayakan pergantian tahun baru 1 Muharram 1445 H, Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan rangkaian kegiatan yang berpusat di pendopo kabupaten pada hari Selasa (18/07/2023). Acara dimulai sejak pagi dengan semaan Alquran, doa bersama, dan pawai ta'aruf. Bupati Purworejo, RH Agus Bastian SE MM, Sekda Drs Said Romadhon, unsur Forkopimda, pejabat Pemkab, Kepala KUA, serta pemimpin Ormas Islam hadir dalam acara tersebut.

Dalam pidatonya, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menekankan bahwa yang paling penting dalam momentum pergantian tahun adalah melakukan introspeksi dan retrospeksi atas apa yang telah dilakukan selama setahun yang lalu. Hal ini penting agar menjadi pijakan untuk melangkah lebih baik di tahun mendatang.

"Marilah kita membersihkan jiwa dan kembali kepada Islam yang sejati dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Semoga kita semua menjadi orang yang beruntung, sejahtera di dunia, dan bahagia di akhirat kelak," ajaknya.

Lebih lanjut, Bupati menyatakan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan dalam Peringatan Tahun Baru Hijriyah adalah salah satu cara untuk menyebarkan ajaran Islam, sehingga masyarakat lebih mengenal kalender Hijriyah.

"Pawai ta'aruf ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi generasi Muslim untuk mengikuti berbagai kegiatan keislaman yang diselenggarakan," tambahnya.

Menurut Bupati, pawai ta'aruf yang diadakan juga bertujuan untuk memperkenalkan kalender Hijriyah serta menumbuhkan cinta umat Muslim terhadap Islam.

"Saya berpesan kepada peserta pawai ta'aruf agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan di jalan, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya. Jangan sampai memberikan kesan bahwa kita sedang melakukan kegiatan yang tidak bermoral, tetapi berikan kesan bahwa kita mengajak umat Muslim untuk mengingat salah satu momentum penting dalam agama Islam," tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar