Kontingen Porprov dari Purworejo Jalani Tes Kesehatan dan Hypnotherapy

Sebanyak 103 orang atlet dari 24 cabang olahraga dan 37 official resmi dari kontingen Kabupaten Purworejo telah mengikuti tes kesehatan dan sesi hipnoterapi terakhir menjelang keberangkatan untuk menghadiri ajang Porprov Jawa Tengah XVI tahun 2023 di GOR Sarwo Edi Wibowo pada hari Minggu (23/07/2023).

Kegiatan tes kesehatan dan hipnoterapi tersebut dilakukan untuk menilai kesiapan fisik dan mental para atlet dan official resmi kontingen Kabupaten Purworejo dalam menghadapi pertandingan di Porprov Jawa Tengah XVI. Acara tersebut direncanakan akan digelar di Pati Raya mulai tanggal 5 hingga 11 Agustus 2023 mendatang.

Tes tersebut diadakan dengan kerjasama dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Purworejo dan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumaryanto, Ketua KONI Purworejo, menyatakan bahwa dari Kabupaten Purworejo akan ada 4 cabang olahraga yang akan mulai bertanding pada tanggal 2 Agustus 2023, sebelum upacara pembukaan yang akan diadakan di Pati Raya pada tanggal 5 Agustus 2023.

Kabupaten Purworejo berhasil lolos untuk mengikuti Porprov dengan mendaftarkan 24 cabang olahraga. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil kompetisi tingkat kecamatan di wilayah Kedu, di mana yang lolos adalah juara dari setiap kecamatan. Selanjutnya, seleksi dilanjutkan di tingkat provinsi, dan hanya cabang olahraga yang berada di peringkat 1 hingga 6 atau 7 yang terpilih, kecuali cabang olahraga ke-8 yang dipilih karena menjadi tuan rumah.

Sumaryanto menambahkan bahwa awalnya ada 34 cabang olahraga yang menjadi anggota KONI Purworejo, namun hanya 24 cabang olahraga saja yang berhasil lolos ke Porprov, sehingga ada 10 cabang olahraga yang tidak lolos.

Seluruh atlet dan pelatih telah dipersiapkan dengan memberikan Pelatihan Jangka Panjang (PJP) sejak bulan Februari 2023 hingga Juli 2023 selama 6 bulan. Dalam program tersebut, setiap atlet atau pelatih mendapatkan bantuan biaya latihan sebesar 400 ribu rupiah atau lebih.

Sebagai informasi tambahan, pada Porprov Jawa Tengah tahun 2018, Kabupaten Purworejo hanya berhasil meraih 3 medali emas. Namun, untuk edisi Porprov XVI tahun 2023, tiga atlet yang sebelumnya berhasil meraih emas tersebut tidak ikut serta lagi.

Atlet billiard yang meraih medali emas sudah pindah ke Kabupaten lain, sementara cabang panahan tahun ini tidak lolos seleksi. Selain itu, atlet-atlet dari cabang atletik yang sebelumnya juga berhasil meraih medali emas telah berganti tim dan tidak lagi memperkuat kontingen Purworejo. Oleh karena itu, kontingen berfokus pada atlet-atlet baru yang belum meraih medali pada tahun sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar