Purworejo Jadi Salah Satu Lokasi Pameran Keliling Museum Ranggawarsita

Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, menggelar pembukaan resmi Pameran Keliling Museum Jateng "Ranggawarsita" yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 22 Juli 2023. Acara pembukaan pameran ditandai dengan pemotongan pita di Ganeca Convention Hall pada hari Selasa (18/07/2023). Hadir dalam acara tersebut antara lain Dandim 0708/Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Wakapolres Kompol Fadli SIK SH MH, Kepala Museum Ranggawarsita Drs Joko Nugroho Wicaksono, serta Forkopimcam Kecamatan Purworejo.


Dalam pidatonya, Wakil Bupati menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pameran yang berjudul "Museum Dolan Purworejo" dengan tema "Menjaga Budaya Menjaga Bangsa". Ia menyatakan bahwa museum merupakan jendela ke masa lalu. Sejarah perjalanan peradaban manusia dan masyarakat suatu bangsa dapat dipelajari melalui museum-museum yang ada. Keberadaan museum menjadi indikator kesadaran masyarakat dalam menjaga sejarah, tradisi, dan budaya mereka.


Wakil Bupati menekankan adanya tantangan bagi kita semua agar museum dapat berfungsi sebagai media informasi sejarah dan budaya bangsa, bukan sekadar tempat penyimpanan barang-barang antik dan kuno yang tidak lagi digunakan. "Pameran ini diharapkan menjadi momentum strategis untuk merenungkan sejarah dan budaya bangsa, serta memberikan pemahaman dan gambaran tentang nilai-nilai luhur bangsa. Selain itu, pameran juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kronologi sejarah, keragaman budaya dan tradisi, serta mengembangkan sikap kritis terhadap nilai-nilai sejarah dan memperkuat ketahanan budaya," ujarnya.


Wakil Bupati juga mengajak masyarakat Purworejo untuk mendukung dan menjadikan acara ini sukses. Ia berharap bahwa dengan hadirnya kegiatan ini, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan memperluas wawasan mereka, serta lebih mencintai museum.

Post a Comment

0 Comments