Festival Layang Layang Purworejo Diikuti Peserta dari 5 Negara



Purworejo, 30 Juli 2023 - Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag Purworejo, Jawa Tengah menjadi saksi perhelatan spektakuler, Festival Layang-Layang Internasional, yang berlangsung selama dua hari pada 29 dan 30 Juli 2023. Festival ini melibatkan lima negara yang turut berpartisipasi, yakni Indonesia, Malaysia, Jepang, Swedia, serta Singapura.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Purworejo itu menarik perhatian puluhan klub layang-layang dari dalam dan luar negeri. Tercatat ada 41 klub layang-layang dari Indonesia dan empat klub layang-layang dari negara-negara peserta, yang siap berkompetisi dalam kejuaraan ini.

"Kami sangat senang melihat antusiasme para peserta dari berbagai negara yang ingin berpartisipasi dalam festival ini. Layang-layang adalah warisan budaya yang indah, dan melalui festival ini, kami berharap dapat mempromosikan keindahan tradisi ini kepada dunia," ujar Stephanus Aan Isa Nugraha, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Purworejo.

Pertandingan hari pertama pada Sabtu (29/7/2023) mencakup dua kategori, yaitu layang-layang tradisional dan layang-layang dua dimensi. Peserta dari kelompok ini menampilkan keahlian mereka dalam mengendalikan layang-layang yang terbang tinggi di langit biru Pantai Ketawang. Sementara itu, layang-layang tiga dimensi dan tren naga akan menjadi sorotan pada hari kedua, Minggu (30/7/2023).

Panitia yang telah siap dengan baik untuk menilai kinerja peserta telah menetapkan beberapa kriteria penilaian. Penilaian terbagi menjadi dua, yaitu penilaian bawah dan penilaian atas. Penilaian bawah melibatkan aspek-aspek teknis seperti sistem kerangka, kerapian layang-layang, harmonisasi bentuk dan warna, serta tingkat kesulitan. Di sisi lain, penilaian atas menitikberatkan pada cara terbang, stabilisasi saat di udara, dan keindahan saat terbang.

Selain bertanding, para peserta dan pengunjung festival juga dapat menikmati panorama eksotis Pantai Ketawang yang menakjubkan, mengeksplorasi kekayaan budaya lokal, serta menikmati kuliner khas Purworejo yang menggugah selera.

Festival Layang-Layang Internasional di Pantai Ketawang bukan hanya tentang kompetisi semata, tetapi juga menyangkut hal lainnya. Termasuk juga pengembangan dunia pariwisata di Purworejo. Karena digelarnya festival layang layang apalagi diikuti oleh peserta dari berbagai negara tentu saja akan menarik banyak kunjungan wisatawan ke Pantai Ketawang.

Posting Komentar

0 Komentar